Kamis, 05 Juni 2014

Rasa sakitnya Danshi Koukousei Nichijou Live Action Sub Dicuri ^^

Aku pindah tempat TL. Dari Alibabafansub ke Exafansub.
Kemudian, setelah tepat sebulan bergabung, akhirnya aku mendapat kepercayaan buat meng-sub "Danshi Koukousei No Nichijou Live Action (DKNN LA)"

(Sumber : FP EXA SUBS )

Aku sebenarnya tidak nonton animenya >.< Tidak juga baca komiknya XD Tapi aku tahu DKNN LA dari temen kost ku yang suka sekali sama J-drama/J-movie.

Awalnya aku berfikir, "Ya udah, nggak apa sih... nerjemahin aja. Itung-itung buat Mbak Kost ku juga"
Akupun bilang, "Iya, aku kerjain nggak apa. Tapi jangan bilang-bilang dulu..." Kenapa? Seperti biasa. Aku tidak suka hal itu terlalu di umbar-umbar, hingga akhirnya jadi tuntuttan.

Sebenarnya aku tahu, banyak yang nunggu DKNN LA itu. Artinya, tanggung jawabku akan berat buat TL. Dalam artian, pasti akan ada yang suka, ada yang benci, dan ada juga yang mengsalah-gunakan.

Tapi, akhirnya aku memberanikan diri meng-sub itu deh XD Itung-itung mau ngetest, seberapa bisa aku dalam bahasa Jepang. Alasan utamanya, aku ingin membantu EXA yang baru terbentuk, ada gebrakan baru.

Masalah yang terjadi selama proses TL adalah... Mungkin karena ini adalah kali pertama aku menerjemahkan dorama/LA aku agak terkejut dengan cara bicara mereka yang cepat.

Masalah selanjutnya adalah, ini cerita tentang kehidupan sehari-hari. Otomatis, pembicaraan mereka tentang keseharian. Jadi ibarat mereka ngomong sesukanya. Selain itu mereka ngomongnya bebarengan.

Dengan segala upaya dan bantuan dari TIMMING-san yang  menurut saya Hebat dan sabar melayani saya, karena masih nubi bidang sub, dan bermacam koreksian dari teman saya yang ahli dalam dorama, 4 hari lebih tepatnya, sub kasarnya jadi.

Kemudian aku share di grup staff exa.... Hanya selang berapa hari, ada staff "Rubah berbulu domba" yang mencuri TL saya dan bilang mulai dari TL+TLC+Timming : dia yang mengerjakan. Menyakitkan. Anda tidak bisa menghargai kerja keras orang. Silahkan share ditempat Anda, tapi cantumkan nama "KAMI STAFF EXA" yang mengerjakan.

Selain itu, ada pula yang bilang "Font-nya salah" "habis donlod langsung hapus de-el-el"
Bagi saya, yang seperti itu terserah. Itu masukan positif buat saya untuk lebih baik. Semakin banyak Anda mengejek saya, itu akan jadi alat untuk saya berbenah diri, dan menjadi lebih baik.
Semakin sering Anda mengejek saya, itu artinya Anda memberikan senjata makan tuan untuk menyerang Anda. Terimakasih Banyak....

Terlepas dari itu semua, aku senang dengan kerja kerasku yang kembali terbayar. Banyak yg like dan share selang beberapa jam DKNN LA di post... Ini kenang-kenangannya :

Terimakasih banyak, buat yang meng-share (dengan maksud baik atau sebaliknya). Terimakasih banyak buat yang meng-like... :)

Oh ya... Ini di web EXA : 

Walau tulisannya masih Anime Populer, tapi DKNN LA bisa jadi peringkat satu berkat kalian, yang berniat menonton, menilai, mengkomentari, mengkritik, mencuri sub saya.

(Source : EXASubs Polling )

Dan ini adalah kenang-kenangan garapan saya di EXA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar